Rabu, September 03, 2008

Dasar-Dasar Routing

DASAR-DASAR ROUTING UNTUK MENYAMBUNGKAN KOMPUTER SATU KEKOMPUTER YANG LAIN.

Pada dasar-dasar routing ini saya buat berdasarkan bahan kuliah saya yang membahas tentang bagai mana menghubungkan suatu komputer-kekomputer lain (router) berdasarkan pada Pelacakan IP yang berbeda-beda. Disini saya jelas kan tentang dasar routing tersebut…..?????

DASAR ROUTING ROUTING LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG
Proses Pengiriman datagram IP selalu menggunakan tabel routing. tabel routing berisi informasi yang diperlukan untuk menentukan ke mana datagram harus di kirim. datagram dapat dikirim langsung kehost tujuan atau harus melalui host lain terlebih dahulu tergantung pada table routing.


GAMBAR JARINGAN TCP/IP




Gambar diatas memperlihatkan jaringan TCP/IP yang menggunakan teknologi ethernet. pada jaringan tersebut host osiris mengirimkan data ke hostseth, alamat tujuan datagram adalah seth dan alamat sumber datagram adalah osiris. frame yang dikirimkan oleh host osiris juga memiliki alamat tujuan frame seth dan alamat sumbernya adalah osiris. pada saat osiris mengirimkan frame, sethmembaca bahwa frame tersebut ditujukan kepada alamat ethernetnya. setelah melepas header frame, seth kemudian mengetahui bahwa ip Address tujuan datagram tersebut juga adalah ip addressnya. dengan demikian set meneruskan datagram ke lapisan transport untuk diproses lebih lanjut. komunikasi model seperti ini disebut sebagai routing langsung.

Dimana akan ada penjelasan seperti gambar dibawah ini :

GAMBAR ROUTING LANGSUNG

Pada gambar diatas terlihat bahwa osiris dan anubis terletak pada jaringan Ethernet yang berbeda. Kedua jaringan tersebut dihubungkan oleh khensu. Khensu memiliki lebih dari satu interface dan dapat melewatkan datagram daari satu interface ke intreface lain (atau bertindak sebagai router). Ketika mengirimkan data ke anubis, osiris memeriksa tabel routing dan mengetahui bahwa data tersebut harus melewati khensu terlebih dahulu. Dengan kondisi seperti ini datagram yang dikirim osiris ke anubis memiliki alamat tujuan anubis dan alamat sumber osiris tetapi frame ethernet yang dikirimnya diberi alamat tujuan khensu dan alamat sumber osiris.



Pada dua kasus diatas terlihat proses yang terjadi pada lapisan internet ketika mengirimkan dan menerima datagram. Pada saat mengirimkan datagram, host harus memeriksa apakah alamat tujuan datagram terletak pada jaringan yang sama atau tidak. Jika lamat tujuan datagram terletak pada jaringan yang sama, datagram dapat langsung disampaikan. Jika ternyata alamat tujuan datagram tidak terletak pada jaringan yang sama, datagram tersebut harus disampaikan melalui host lain yang bertindak sebagai router. Pada saat menerima datagram host harus memeriksa apakah ia merukapakan tujuan dari datagram tersebut. Jika memang demikian maka data diteruskan ke lapisan transport. Jika ia bukan tujuan dari datagram tersebut, maka datagram tersebut dibuang. Jika host yang menerima datagram tersebut sebuah router, maka ia meneruskan datagram ke interface yang menuju alamat tujuan datagram.

Tentang Router

Nah disini saya juga menjelaskan apa itu Router….???

Router merupakan perangkat pencari jalan yang handal pada situasi interkoneksi yang kompleks, karena memiliki kemampuan manajemen jaringan yang baik sehingga router sangat tepat digunakan pada pembangunan jaringan komputer skala luas.

Nah bagaimana klo Router berkerja dilinux…

!!! Disini saya akan jelaskan sedikit …..!!! bagaimana cara router berkerja dilinux…..????

Router dapat melakukan segmentasi lalu lintas secara selektif. Dalam suatu inter jaringan dimana terdapat banyak protokol, router dapat memilih jenis protokol apa yang harus digunakan dalam jalur yang akan dilaluinya. Selain menjalankan algoritma routing, router juga harus memelihara table routing. Tabel routing adalah tabel yang berisi alamat-alamat jaringan yang dibutuhkan untuk menentukan tujuan dari paket-paket data yang akan dilewatkan. Beberapa hal lain yang dikerjakan oleh router adalah mengirim paket data antara dua tipe jaringan fisik yang berbeda. Misalkan meneruskan paket data dari eternet ke frame relay yang biasanya dilakukan oleh router WAN. Selain itu membatasi lalu lintas paket data dari/ ke beberapa alamat jaringan (firewall). Di Linux perintah untuk pencegatan paket dengan menggunakan perintah ipfwadm. Misalkan bila ingin mencegat nomor

IP address 192.168.1.2 agar tidak dapat mengakses server Linux maka perintahnya :

# ipfwadm –l –i abel –S 192.168.1.2/32 –D 0/0

Router juga dapat mengubah alamat asal dari alamat si pemakai sehingga seakan-akan paket data tersebut berasal dari sebuah alamat yang berbeda dari pengirim aslinya. Di Linux hal ini dikenal dengan masquerading. Router berfungsi juga sebagai Network Address Traslation (NAT) yaitu merubah IP public menjadi IP private atau sebaliknya. Router dapat berfungsi sebagai BOOTP atau DHCP server yang memberikan alamat IP dan konfigurasi lain kepada seluruh komputer pada jaringan.



Gambar. Router bekerja pada network layer




Tidak ada komentar: