Rabu, September 03, 2008

Data Recovery

Anda kesulitan mengembalikan data yang hilang? Adakah software yang dapat mengembalikannya? Kehilangan data bias saja diakibatkan oleh kerusakan hardware, software, ataupun kesalahan manusia. Biasanya, seseorang yang kehilangan data penting, berani membayar berapapun untuk dapat mengembalikan data yang hilang tersebut.

Kehilangan data mungkin saja dapat dihindari, jika selalu mem-backup data secara regular ke komputer lain, ataupun ke media lain. Namun, jarang sekali home user yang rutin mengerjakan hal tersebut. Biasanya dilakukan oleh perusahaan. Bahkan data di-backup lebih dari satu, dan di banyak komputer yang berbeda lokasi. Apakah data tersebut akan selalu disimpan?

Hal ini kembali lagi kepada pemilik data, apakah terus mempertahankan data yang ada apa tidak. Kemungkinan pemilik data yang penting tersebut, sewaktu-waktu juga akan memusnahkan data tersebut, untuk menghindari pemanfaatan data oleh orang yang tak bertanggung jawab, ataupun mengatasi penuhnya media penyimpanan.

Perlu diketahui, recovery file dan wiping file merupakan dua hal yang berbeda, di mana recovery file mengembalikan data yang hilang, dan sebaliknya, wiping file adalah menghancurkan data hingga tak dapat dikembalikan lagi.

Salah satu software freeware yang dapat melakukan kedua hal tersebut adalah Data Recovery. Software ini mudah digunakan, tanpa instalasi, dan memiliki kemampuan untuk mengembalikan data pada file system FAT12, FAT16, FAT32, dan NTFS, ataupun memusnahkan data yang ada, tanpa dapat dikembalikan seperti semula. Pada versi terbarunya, data recovery telah mendukung sistem operasi Windows Vista.



Mengembalikan data yang terhapus

Download : http://tokiwa.qee.jp/EN/dr.html

Tidak ada komentar: